HEGEMONI MEDIA MASSA


Bismillah, Makassar, 22 Jumadil Awal 1434HPresentation2

Assalamu alaikum wr. Wb., salam hangat dan salam rindu buat seluruh sahabat  DUMAYku, apa kabar iman anda hari ini ? semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, semoga selalu mendapat Rahmat dan Hidayah_Nya dan menjadi salah satu hamba yang dicintai dan disayangi_Nya. Amin ya Robbal alamin.

lama entah sekian berapa, duuhh, sudah lebay lagi dech neni. Afwan jiddan dech. Kangen dan rindu menyapa sahabat DUMAYku, apa sahabat DUMAY kangen pula ke saya, semoga saja, karena salah satu ciri-ciri manusia yang baik akhlaknya kepada manusia lain adalah dia yang selalu dirindu akan hadirnya, jika tak ada dia rasanya gimana githu, kangennya jadi luar biasa, subhanallah, begitulah Allah SWT menciptakan sebuah  rasa CINTA dan KASIH SAYANG.

insyaAllah kali ini, neni akan mengupas kisah tentang sebuah  “SEMINAR DIALOG MUSLIMAH” dengan tema “HEGEMONI MEDIA MASSA”, sebuah kegiatan yang mampu meng-charger lagi keimanan dalam hatiku, setelah mengikuti kegiatan ini, hatiku terasa damai dan tentram.

Bagi dong ilmunya Neni, mmhhh… bagi ngak yach, hehe,. sebuah kegiatan yang diadakan oleh Forum Dakwah yang ada dikampus, masyaAllah, salut buat para panitia dan para pelaksana yang ikut serta menyukseskan acara ini. Sungguh suatu kepanitian yang luas biasa, sehingga menciptakan sebuah kegiatan yang luar biasa. Kegiatan yang dihadiri hampir 2000 orang disebuah gedung yang sering ditempati untuk acara wisuda, hingga lantai 3, hampir terpenuhi oleh maksimalnya kehadiran para peserta. Subhanallah, sukses kegiatannya.

Hegemoni media massa, maksudnya apa yach !. saya tidak mengerti apa maksudnya, beli tiketnya hanya sekedar turut meramaikan suksesnya kegiatan, dan  berniat untuk meng-charger hati atau keimanan yang sedikit agak suram dan terkikis, berada dikeramaian/kumpulan para muslimah merupakan salah satu cara yang saya gunakan untuk meng-charger keimanan. Berada diantar mulimah rasanya gimana githu !..

Kegiatan dimulai pukul 08.00 WITA pada tanggal 29 Maret 2013, karena kebiasaan kebanyakan orang-orang yang kadang menggunakan jam karet jadi saya menyimpulkan dan memutuskan untuk berangkat sekitar pukul 09.00 WITA. Alhasil, ternyata saya telat dan tidak mendapatkan doorprise.  Doorprise dibagikan kepada peserta yang lebih dahulu ke tempat kegiatan. Iya juga, dari beberapa kegiatan para muslimah yang digelar selama ini, di usahakan dilakukan tepat waktu agar nama/citra “ISLAM” baik di mata kita semua, terkhusus bagi kita yang mengaku beragama “ISLAM” agar menjadi contoh yang baik.

Seminar Dialog Muslimah dalam Hegemoni Media Massa, kegiatan dialog yang membahas tentang seluk beluk dunia “Media Massa”, penggunaan media massa, dan pentingnya media massa. Media massa digunakan untuk menyebarkan informasi yang terjadi disekitar kita, dengan adanya media massa seperti DUNIA ONLINE atau biasa disebut DUNIA MAYA alias DUMAY, penyebaran informasi sangatnya cepat, yang jauh terasa begitu dekat dengan berbagai fitur yang disediakan oleh DUMAY, yang dekat terasa begitu jauh karena kita terlalu asyik dengan DUMAY, bener ngak yach.. hehe, bercanda, tapi kadang kita mengabaikan disekitar jika terpana oleh pesona DUMAY.

Penggunaan DUMAY harusnya digunakan dengan sebaik-baiknya, jangan disalahgunakan, kasihan DUMAYnya kalau tidak bermanfaaat  dan tidak dimanfaatkan dengan sebenar-benarnya (bagai pembacaan undang-undang saja nich). DUMAY digunakan untuk menyebarkan informasi yang penting dan mampu mengubah dunia seseorang menjadi lebih baik. Jika kita tinjau dengan beberapa peristiwa yang terjadi, “seorang siswa melarikan diri dengan teman prianya yang dikenal melalui media DUMAY”, “seorang siswa hamil dengan teman prianya yang dikenal lewat DUMAY”, “seseorang meninggal bunuh diri karena patah hati diputuskan oleh teman kencannya di DUMAY”,  “sebuah blog digunakan untuk memesan teman kencang”, ”serta gambar seronok dan tidak sopan terpampang rapi di DUMAY”, astagfirullah, itulah beberapa hal kecil yang sering terjadi di DUMAY, jika tidak digunakan dengan sebaik-baiknya.

Marilah kita gunakan DUMAY untuk menyebarkan perkataan yang baik, jangan hanya memasang status “ Duh, Galau “, “Duh perutku sakit”, “Duh, lagi patah hati”, “Duh, kiriman belum ada”, setiap takdir yang menimpa kita, insyaAllah ada hikmahnya, jangan hanya sekedar mengeluh, berkeluh kesah, kuatkan diri kita dengan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, hanya Allah SWT tempat curhat yang paling baik. Marilah kawan, dekatkan diri pada Ilahi, agar terbuka pintu Rahmat_Nya. Semangat tuk Saling mengingatkan dalam kebaikan yang  merupakan amar ma’ruf dan mencegah kebatilan/keburukan yang merupakan nahi mungkar.

Salam hangat dan salam rindu selalu.

Iklan

16 thoughts on “HEGEMONI MEDIA MASSA

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, Neni sayang…

    Alhamdulillah, demikianlah kita kalau mahu dikasihi Allah. maka selalulah mendekatikan diri kepada kegiatan yang mendorong untuk peningkatan iman dan taqwa. Umi senang kalau Neni sibuk dengan acara seperti ini selain dari kuliahnya.

    Hegemoni Barat dari aspek media massa memang satu dari strategi pihak orientalis dalam usaha melalaikan umat Islam jika tidak tahu menanganinya dengan bijak. Lihat sahaja contoh yang Neni paparkan di atas menunjukkan impak dari hegemoni yang disalah gunakan.

    Umi doakan Neni semakin sukses dalam pengajian dan bersungguh-sungguh untuk mencari redha Allah. Hmmm… foto Masjid terapung dan tulisan Makassarnya sangat indah selain disulami gadis cantik yang “malu-malu kucing”. 😉

    Salam sayang dan rindu dari Umi. 😀

    • Wa Alaikum Salam Wr. Wb.

      iya umi, alhamdulillah, neni bersyukur karena Allah senantiasa memilih neni menjadi salah satu hamba_Nya yang terus mengejar cinta dan kasih sayang Allah,
      dengan menghadiri berbagai macam kegiatan keagamaan, mampu jua meningkatkan keimanan dalam hati serta memberi semangat untuk terus berjuang di jalan Allah SWT.

      persitiwa yang terus meningkat akibat adanya media massa yang disalahgunakan, semakin miris pula hati kita yang mendengarnya, umi tahu tdk, didaerah neni ini, beberapa hari yang lalu, neni mendengr kabar 5 anak tingkat SD mencabuli temannya didekat sekolah (na’udzubillah min dzalik), betapa menyedihkan perkembangan dunia saat ini. masih banyak peristiwa lainnya.

      neni malu ma umi ahh, 😀

      salam rindu dan salam sayang umikuuuuuuuuuuuuuuuuuu…

    • banyk anak bangsa menggunakan media massa tanpa ILMU, sehingga disalahgunakan, wallahua’lam
      semoga kita mampu menggunakan media massa dengan sebaik-baiknya 😀

  2. terima kasih sayang.utk sharenya.
    miris mmg.jika.dunia maya dijadikan kambing hitam sebuah bobroknya moral anak bangsa..sementara yg jadi pemicu itu semua adalah.kurangnya pemahaman agama dr diri.msg2 personalnya…
    masih byk kok yg menggunakan Dumay sbg media dakwah…media mencari rupiah..dan media pertemanan yg baik.hehe

    pa kbar neni sayang…mimi kangennnnn

    • Makasih balik mimiku cayang 😉

      iya, bergelut disuatu bidang itu harus didasari oleh ilmunya dan memahami sebaik-baiknya,

      seperti aku dan mimi, menjalin hubungan yng baik melalui DUMAY, cayang mimi

      salam sayang dan cinta

  3. bagaimanapun… semua tergantung siapa yg menjalankannya ya… semoga kita semua bisa memanfaatkan teknologi ataupun media massa dengan baik & benar… trims sdh berbagi, Neni…

Tanpa Sapa dan Salam darimu kurang bermakna

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s