Mandiri Dari Beberapa Sudut Pandang


Bismillah, Makassar, 3 Januari 2013

bankmandiri

Apakah anda menggunakan Bank Mandiri, ATM Bank Mandiri, Mandiri KTA, Mandiri KPR, Mandiri tabungan, Mandiri Tabungan Rencana, kartu kredit Bank Mandiri. Apa kelebihan dan kekurangan Bank Mandiri yang anda rasakan, mengapa anda menggunakan Bank Mandiri. Ini adalah beberapa jenis pertanyaan yang saya ajukan ke beberapa pengguna Bank Mandiri dan beragam pula jawaban dari mereka. Berikut adalah jawaban para pengguna Bank Mandiri baik pelanggan setia, atau hanya sekedar menggunakan jasa  Bank Mandiri.

Saya menggunakan “Bank Mandiri SILVER DEBIT”, maksimal penarikan uang dengan total 5 juta dalam sehari, dapat pula menggunakan token tapi harus bayar lagi dan saya tidak tahu harga berapa, token bentuknya seperti kalkultor kecil, fungsinya bisa transfer dimana saja dan kapan saja melalui internet bangking. Saya menggunakan Bank Mandiri karena kantor yang menguruskan, untuk transfern gaji karyawan. Menggunakan ATM Bank Mandiri lebih mudah menarik uang karena atm bank mandiri tersebar dimana-mana. Tapi bagusnya menggunakan token, jadi tidak susah-susah ke ATM untuk melakukan transfer uang (Karyawati).

Waduh, saya tidak tahu apa keunggulan Bank Mandiri dibanding bank yang lain, saya menabung karena pernah teman transfer melalui Bank Mandiri, jadi saya membuka rekening Bank Mandiri (Karyawan)

Dulu saya menggunakan Bank Mandiri.  Bank Mandiri itu bagus dan pelayananannya baik, Saya menggunakan rekening giro untuk usaha saya dan teman-teman di kampus, karena di kampus kami diwajibkan memakai Bank Mandiri buat usaha kami, karena programnya bekerjasama dengan Bank Mandiri (Pelajar)

Potongan Bank Mandiri lebih banyak dibanding bank lain, jadi saya beralih ke Bank lain, keunggulan bank MANDIRI adalah sudah tersebar luas dan nama sudah terkenal dimana-mana. Penggunaan kartu kredit Bank Mandiri lebih baik. ATM Bank Mandiri di pelosok desa masih jarang dan sangat susah di dapatkan (Pegawai).

Sayang sekali, saya tidak menabung di Bank MANDIRI, tapi pernah melakukan transfer ke Bank MANDIRI untuk melakukan transaksi belanja barang (Pengusaha).

Saya pernah menggunakan kartu kredit Bank Mandiri, karena memiliki berbagai macam diskon saat toko, rumah makan dan usaha lainnya yang bekerja sama dengan Bank Mandiri melakukan promo, namun kartu kredit Bank Mandiri memiliki memiliki bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan kartu kredit bank lainnya (Karyawati).

Saya tidak menggunakan Bank Mandiri tapi Bank Mandiri itu lebih bagus karena tidak bergantung kepada orang lain (Pegawai).

Saya tidak menggunakan Bank Mandiri tapi kakak dan Ibu Saya menggunakan Bank Mandiri. Kakak Saya menggunakan Bank Mandiri karena tempat kerja dia bekerjasama dengan Bank Mandiri untuk melakukan transfern gaji setiap bulannya, sedangkan Ibu Saya menggunakan Bank Mandiri untuk melakukan peminjaman modal usaha (Pedagang).

Saya pernah menggunakan Bank Mandiri untuk menggunakan jasa asuransi AXA, tapi potongan Bank Mandiri terlalu banyak dibanding Bank lain. Bank Mandiri memiliki bentuk kerjasama dengan toko-toko atau tempat-tempat belanja jadi selalu menyediakan diskon jika terdapat promo. Bank Mandiri akan segera membuka cabang di Malaysia (Pekerja Lepas).

Saya memiliki rekening Bank Mandiri tapi ATM saya hilang jadi saya tidak pernah menggunakannya selama 2 tahun terakhir. Saya membuka rekening Bank Mandiri karena dana bantuan atau sumbangan dari para Senior dimasa kepengurusan Saya menggunakan Bank Mandiri (Pegawai).

Saya menggunakan Bank Mandiri karena banyak keluarga dan rekan yang menggunakan Bank Mandiri, ATM Bank Mandiri tersebar dimana-mana dan jarang bermasalah, yang paling penting kartu ATM Bank Mandiri dapat digunakan untuk belanja diberbagai tempat jadi kita tidak perlu membawa uang tunai (Penulis).

Saya pernah menggunakan Bank Mandiri tapi harus ditutup karena transfern dan tunjangan menggunakan Bank lain. Bentuk kerjasama antara HRD dan kantor saya kurang tahu (Karyawan).

Saya tidak menggunakan Bank Mandiri tapi Saya memiliki suami yang Mandiri (Ibu rumah Tangga).

Saya menggunakan Bank Mandiri karena bekerjasama dengan pihak kampus sehingga Kartu Mahasiswa yang terbit berlogo Bank Mandiri (Mahasiswi).

Bank saya sangatlah mandiri. kelebihan bank mandiri dia lebih mandiri dari yang lain. saya menggunakan mandiri karena membuat kita mandiri (Mahasiswi).

Sejak masih kelas 3 SMA, Saya sudah menggunakan Bank Mandiri, ya lumayanlah, tersedia internet bankking dan kantor cabangnya berada dimana-mana, Bank hampir semua sama menurut Saya. Saya betah menggunakan Bank mandiri karena angka terakhir no. rekening saya gagah (Pelayaran).

Saya menggunakan Bank Mandiri. Senang karena tidak memiliki potongan administrasi perbulan (Pegawai).

Saya menggunakan Bank Mandiri, walaupun konvensional tapi tetap banyak digunakan pedagang muslim karena memudahkan transaksi mengingat bank Mandiri itu ada hampir semua pelosok, yang penting bunga uangnya tdk diambil (Pengusaha dan Ibu rumah tangga).

Ya, saya pengguna Bank Mandiri, saya merasa nyaman karena begitu banyak fasilitas dan produk yangg sangat membantu kami dalam wirausaha mandiri (Pengusaha).

Ya, Saya pengguna Bank Mandiri, karena pelayanan yang baik, dan beberapa hal yang dimiliki bank Mandiri. 1. Bank Mandiri merupakan bank Swasta yang paling aman sistem keuangannya, 2. Banyak mengambil alih bank-bank kecil lainnya yang sedang mengalami kerugian, 3. Memiliki banyak program untuk kegiatan sosial seperti PNPM Mandiri, 4. Memiliki pelayanan SMS bankking yang cepat, 5. Melakukan sistem transfer yang cepat, 6. Menyediakan banyak undian, 7. Memiliki ATM yang jarang mengalami kerusakan (Pengajar,Dosen).

Saya sekitar bulan Oktober membuat rekening di Bank Mandiri itupun terpaksa karena kawan mau transfer uang, tapi selama menjalankan toko material, Saya melanjutkan giro orangtua. Saya rasa kemudahan itu lebih didapat karena faktor kedekatan emosional nasabah dengan para pegawai atau jajaran pimpinan saja. Ada beberapa hal yang membuat Saya tidak nyaman menggunakan Bank Mandiri, pelayanan yang kadang kurang memuaskan, dan adanya kesalahan dari teller yang entah disengaja atau tidak.

Itulah beberapa anggapan, pendapat, serta keluh kesah dari teman-teman, sahabat-sahabat, yang dapat Saya tanyakan secara langsung melalui sebuah media.

Sedangkan Bank Mandiri menurut Google atau yang biasa akrab disapa paman google adalah sebagai berikut :

1.   PT. Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (PERSERO) Tbk adalah bank yang berkantor pusat di Jakarta dan merupakan bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit. Bank ini berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara(BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), digabungkan ke dalam Bank Mandiri.

Slogan Bank mandiri

  • 1998-2002 ( Bank Terpercaya Pilihan Anda)
  • 2003-2004 ( Satu Hati, Satu Negeri, Satu Bank )
  • 2005-2007 ( Melayani Dengan Sepenuh Hati, Menuju Yang Terbaik )
  • 2008-sekarang  ( Terdepan, Terpercaya, Tumbuh Bersama Anda )
  • 2009-2010 ( Menembus Batas Keinginan )
  • 2010-2012 ( Menjawab Setiap Keinginan )
  • 2012-sekarang ( Apapun Keinginan Anda, Mandiri Saja )

2. Mandiri KTA

Merupakan program baru yang berupa fasilitas kredit untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan yang sangat penting dengan mudah dan tanpa butuh agunan dalam prosesnya. Dalam Mandiri KTA, ada fitur yang dapat diberikan bagi para anda yang berstatus sebagai pegawai tetap tetapi belum menyalurkan penghasilannya melalui Bank Mandiri. Fitur tersebut dinamakan mandiri kta regular. Jadi dengan mandiri kta regular, penghasilan anda sebagai pegawai tetap dapat di optimalkan untuk memenuhi kebutuhan penting dan harus di dahulukan. Ini diberikan oleh Bank Mandiri tanpa ada jaminannya, jadi dengan mudah anda mendapatkan pinjaman uang.

Kelebihan:

  • Tanpa Agunan
  • Cicilan Ringan
  • Limit kredit sampai dengan Rp. 200 juta
  • Jangka waktu kredit disediakan dalam 5 pilihan
  • Perlindungan Asuransi Jiwa

3.   Mandiri KPR

Mandiri KPR adalah kredit pemilikan rumah dari Bank Mandiri yang diberikan kepada perorangan untuk keperluan pembelian rumah tinggal/apartemen/ruko/rukan yang dijual melalui developer atau non developer.

Keunggulan Fitur Mandiri KPR

Mandiri KPR memiliki beragam fitur yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda, yaitu :

  • Mandiri KPR Duo, adalah fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk pembelian rumah tinggal/apartemen/ruko dengan kondisi baru di proyek developer sekaligus pembelian mobil/motor/furniture/home appliances.
  • Mandiri KPR Take Over, adalah adalah fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk pemindahan fasilitas kredit sejenis dari bank lain dan dapatkan dana tambahan untuk berbagai keperluan konsumtif.
  • Mandiri KPR Top Up, adalah penambahan limit kredit atas fasilitas Mandiri KPR yang sudah berjalan (existing).
  • Mandiri KPR Flexible, adalah fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk keperluan pembelian rumah tinggal/ruko/rukan/apartemen dengan sistem pembayaran angsuran yang fleksibel yaitu tersedianya rekening flexible (revolving) selama jangka waktu tertentu atas sebagian tertentu dari limit kredit yang diperoleh.
  • Mandiri KPR Angsuran Berjenjang, adalah fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan hanya untuk keperluan pembelian rumah yang memberikan keringanan berupa penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok sampai tahun ke 3 sehingga pada tahun ke 4 angsuran kembali normal.

Keuntungan Mandiri KPR

  • Suku bunga kompetitif.
  • Proses cepat dan mudah.
  • Uang muka ringan.
  • Jangka waktu fleksibel s.d 15 tahun.
  • Bank Mandiri bekerjasama dengan lebih dari 350 proyek developer di seluruh Indonesia dan tersedia program-program yang menarik untuk pembelian rumah di proyek developer tersebut.

4.  Mandiri Tabungan

Nikmati Kemudahan dan Kenyamanan Layanan

  • Hanya dengan setoran awal sebesar Rp 500.000,- Anda telah memiliki rekening Mandiri Tabungan
  • Pembukaan rekening, penyetoran maupun penarikan dana tabungan dapat dilakukan di seluruh Cabang Bank Mandiri
  • Anda mendapatkan Mandiri Debit yang berfungsi sebagai kartu ATM dan kartu debit yang dapat digunakan untuk berbelanja dan pembayaran lainnya di merchant-merchant yang berlogo VISA baik di dalam maupun di luar negeri
  • Dapat bertransaksi di 8.996 ATM Mandiri, 26.000 ATM Bersama, 23.602 ATM LINK, 31.700 ATM Prima maupun 1.700.000 ATM berlogo VISA di seluruh dunia
  • Fasilitas Mandiri SMS, Mandiri Internet dan Mandiri Call menambah kenyamanan Anda bertransaksi dimana saja dan kapan saja sehingga Anda lebih leluasa memanfaatkan waktu Anda.
  • Layanan Weekend Banking pada hari Sabtu dan Minggu di beberapa Cabang, memberi kesempatan bagi Anda yang tidak dapat bertransaksi di Cabang pada hari kerja karena kesibukan Anda.
  • Layanan Autodebet, Layanan autodebet membantu Anda dalam melakukan pembayaran berbagai tagihan rutin bulanan, seperti air, listrik, telepon, handphone, kartu kredit atau tagihan lainnya secara otomatis setiap bulannya sehingga Anda terhindar dari tunggakan tagihan.
  • Layanan Automatic Fund Transfer (AFT), Layanan AFT menjadikan hidup lebih nyaman karena membantu Anda dalam melakukan transfer dana rutin secara otomatis kepada keluarga atau mitra bisnis sehingga Anda tidak perlu khawatir kewajiban Anda akan terlupakan.

5. Mandiri Tabungan Rencana

Mempersiapkan masa depan terbaik, tabungan dengan setoran wajib bulanan yang memberikan ekstra perlindungan asuransi, tersedia dalam valuta Rupiah dan US Dollar

Persyaratan 

  • Penabung berusia minimal 18 tahun dan berusia maksimal 70 tahun pada saat Mandiri Tabungan Rencana jatuh tempo.
  • Memiliki Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro.
  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan Mandiri Tabungan Rencana dan Form Pernyataan Kesehatan.
  • Kebebasan menentukan dan mengubah setoran bulanan mulai Rp 100.000 atau USD 10,-per bulan.
  • Anda dapat menambah dana ke Mandiri Tabungan Rencana di luar setoran bulanan.
  • Jangka waktu yang fleksibel (1 thn 20 thn).
  • Perlindungan Asuransi gratis (Bank Mandiri bekerjasama dengan PT. AXA Mandiri Financial Services memberikan perlindungan asuransi bagi penabung hingga Rp 5 juta atau USD 500,- per bulan untuk setiap penabung).
  • Konsultasi gratis dengan Customer Service professional kami.
  • Suku bunga MTR diatas suku bunga tertinggi Mandiri Tabungan

6. Mandiri Debit (Kartu Kredit)

Kartu Mandiri adalah fasilitas kartu dari Tabungan Mandiri/Giro Rupiah Perorangan yang memberikan Anda keuntungan dan keleluasaan penggunaan seperti kartu kredit. Tidak repot membawa berbagai macam kartu untuk sekedar tarik tunai, bayar tagihan dan  berbelanja.

Manfaatkan Kartu Mandiri, kartu istimewa serbaguna yang dapat berfungsi sebagai kartu ATM sekaligus Debit. Bersama Kartu Mandiri, nikmati kemudahan transaksi setiap saat dan dimanapun Anda berada untuk menemani setiap ativitas Anda.

Kemudahaan Berbelanja Di Seluruh Dunia, dengan Kartu Mandiri, transaksi berbelanja Anda semakin nyaman karena dapat diterima di lebih dari 10 juta tempat di seluruh dunia dan 70 ribu tempat di Indonesia yang berlogo Visa/Visa electron, dengan melalui fasilitas debit langsung dari rekening sehingga Anda bebas mengatur finansial Anda

 

Referensi :

Bank Mandiri

Mandiri KTA

Mandiri KPR

Mandiri Tabungan

Mandiri Tabungan Rencan

Mandiri Debitr (Kartu Kredit)

Logo/Gambar

30 thoughts on “Mandiri Dari Beberapa Sudut Pandang

  1. yang paling saya sukai dari bank mandiri adalah penarikan maksimal hingga 5 juta. sy sempat kesal dengan bank lain yang penarikan maksimalnya hanya 500rb. sedangkan uang yang mau sy cairkan pada malam itu berkisar 30an juta. lamanya minta ampun. mudahan pelayanan ini bisa ditiru oleh bank lain. nice sharing

    • mmhh…. githu yach, bagus jg tuh dimasukkan dalam artikel aku nich, insyaAllah 🙂
      setiap orang berbeda-beda dalam menggunakan bank yang ada, tergantung dari jiwa masihng 🙂

      terima kasih yach sudah berkomentar.
      salam selalu buat dirimu 🙂

  2. Saya kurang tau sih masalah bank…lebih-lebih lagi Bank mandiri…coz jarang kontak sama yang namanya pebankan…itu pun bikin ATM karena keperluan trasnfer uang dari ortu…dan juga karena berfungsi ganda sebagai kartu mahasiswa…
    tapi yang saya tahu tentang Bank Mandiri… dah banyak membantu usaha kecil, termasuk mahasiswa dan fresh graduet untuk memulai usaha…baru-baru ini juga ada puluhan juta yang digelontorkan untuk mendanai proposal wirausaha mahasiswa dan fresh graduet yang menang kontes…

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb, Neni sayang…

    Wah… semakin rajin ya ikut kontes.
    Bagus.. Umi senang dengan usaha menulis Neni sudah semakin maju dan menampakkan senangnya menulis.

    Hehehe… Umi merasa lucu dengan keluh kesah teman-teman yang menjadi sampel dalam pencarian bagus atau tidak perkhidmatan yang dilakukan melalui Bank Mandiri ini.

    Semoga sukses Neni. Umi mendoakan dari jauh.

    Salam sayang dari Umi. 😀 😀

    • Wa Alaikum Salam wr. wb,
      Alhamdulillah, mengasah kreatifitas menulis neni
      semoga ke depan semakin kreatif lagi , amin 🙂
      hehe, neni wawancara secara langsung melalui SMS dan FB,

      alhamdulillah, mereka merespon dan bnyk pula mengirim blsan yang menggelitik dibaca 🙂

      amin ya Allah, syukran do’anya ummiku sayang

      salam sayng dr siti neni buat ummi 🙂 😉

  4. wah aku belum punya rekening dimana-mana, tapi dengan adanya artikel ini aku bisa jadikan referensi untuk membuat rekening.. Berarti bank mandirilah yang asyikk neh. terima kasih ya Infonya mbak awan putih.. Semoga Suxes ya \(^_^)/

  5. saya nabung di mandiri, punya KPR ya di mandiri, KTA ya di mandiri, kartu kredit ya di mandiri.
    cuman, baru sadar ternyata saya ga tau jenis asuransi kpr yg digunakan di KPR mandiri. apakah yg jenis kalo debitur yg namanya digunakan untuk KPR meninggal, makan akan dilunasi bank.
    atau, yg jenis rumah akan dilunasi apabila suami-istri meninggal??
    adakah yg bisa membantu saya??

  6. saya tinggal di kalimantan dipelosok,, di sini yg ada cuma bank mandiri.
    yg ingin saya tanyakan jika saya transfer dana lngsung dr teller di bank di pelosok sprti di tmpat sya ke bank bca berapa lama waktu sampainya dana ke bank bca…?

  7. 2010-2012 ( Menjawab Setiap Keinginan ) slogan ini sangat bagus dan efesien dalam menjawab keinginan dan kepuasan customer, seperti yang saya alami dalam 2 tahun lalu tgl 17 Januari 2011 di bank mandiri cabang Gresik. banyak menu yg ditawarkan customer service kepada saya terutama menu yg paling bikin aku kaget adalah deposito buat pelajar dengan uang tabungan minimal 300 ribuh rupiah, enak banget kan?
    pada tanggal 09 desember 2013 saya berniat pergi ke bank mandiri cabang gresik untuk mengecek tabungan sekaligus deposito saya. tepat pukul 14:00 saya dipanggil customer service No 3 dengan Nama karyawan Heny S aku datang duduk didepannya, saya bilang mau ngecek tabungan sama Deposito saya, lantas apa kata karyawan tersebut? dia bilang deposito uang 300 rb itu tdk ada, deposito itu minimal 10 juta jgn konyol mas. waduh aku kaget mendengar itu,
    tpi dulu saya dulu pernah ditawarin deposito khusus buat pelajar. kata ku
    karyawan bilang ” nggak ada mas, bank kami tidak pernah membuka layanan seperti itu.
    loh trus gimana dengan uang saya dan tabungan saya? kata ku
    tabungan anda uda terhapus dan uang yg ada di tabungan anda juga hilang? kata dia
    wah gak bisa gtu , kalau gini saya merasa ditipu mbak, kata ku
    karyawan bilang ” gini aja gimana bapak menerbitkan permintaan rekening koran tpi perlembar kertas yg di pint dari data hasil transaksi yg pernah bapak lakukan seharga 25 ribu.
    karna saya nggak trima dngan pelayanan tersebut dan jg pengen tau kemana aja uang saya pergi maka saya setujuin penerbitan itu.
    mbaknya minta saya uang muka 100 rb , lalu dia pergi ke dalam ruang untuk mengecek data-data transaksi saya, kurang lebih 40 menit saya menunggu dia keluar sambil bilang DITUNGGU BESOK ATAU 2 HARI LAGI,
    WHAT??? trus gmana uang saya, saya nggak tau habis berapa lembar kertas yg km print dan distu saya liat km nggak bawah print data sedikitpun,
    karna saya terlalu kecewa saya langsung pergi meninggalkan customer service tersebut tampa ucapan permisi

    saran : bagi anda seorang yg polos dan tidak mengerti dunia perbankan jgn gampang tertarik dengan menu” tersebut karna sekarang banyak penipuan

  8. Saya lebih suka Mandiri daripada BCA, pelayanan baik gk arogan kayak BCA, trus fitur yg gk ada di BCA ane suka, kartu debit nya Visa, mesin ATM lebih banyak dan tersebar sampai ke pelosok,,, soal kepopuleran memang 1 tingkat dibawah BCA, tp umumnya mayoritas seller selalu ready BCA dan Mandiri, kalo pun cuma ready BCA, tarif transfer online antar bank murah, nah apalagi skarang online shoop macam Tokopedia udh banyak jd masalah vendor bank gk jd masalah lg

    BCA dijatahin per orang max 3x buka rekening bca tahapan, jatah tetap terpakai meski rekening udh tertutup, ane punya jatah tinggal 1x lagi, dan ane pake jika urgensi pake bca udh tinggi.

Tanpa Sapa dan Salam darimu kurang bermakna

