MELINTASI INDAHNYA DUNIA


Bismillah…..

Bimbang mahu berkata apa, langsung to the point saja yach tentang pic. yang ada dibawah, cekidot… etss ko’ bagai presenter saja 🙂

Gambar dibawah ini saya ambil sewaktu melaju ke suatu kota yang berada di ujung kabupaten kampung halaman saya, biasa disebut kota Soroako yang terkenal dengan PT. INCO  yang belum tahu silahkan searching di paman google, insyaAllah akan banyak penjelasan 🙂

Perjalanan  untuk segera tiba di air terjun “MATA BUNTU” sekitar tiga jam buat saya dalam mengendarai roda dua, buat yang dah lincah sejam lebih dah bisa sampe, mhhh.. saya kurang mencatat jarak. Jalan yang ditempuh berkelok-kelok, dan dipenuh dengan berbagai macam pepohonan disamping kiri kanan, ada jurang, serta tebing batu yang kadang menjatuhkan beberapa batu baik yang besar atau kecil, namun ha itu tidak menyurutkan niat saya untuk segera berada di air terjun “MATA BUNTU” dan Danau MATANO pad pantai IDE. sungguh suatu kisah perjalanan yang sangat menyenangkan, Alhamdulillah wa Syukurillah atas nikmat yang Engkau beri padaku ya Allah …

Air Terjun Matabuntu atau juga dikenal nama lain Air Terjun Meruruno memiliki undak-undakan terjunan air sekitar 33 susun yang terbentuk secara alami.  Meski jumlah tingkatan sebenarnya mencapai puluhan, hanya ada sekitar 6 undakan yang paling tinggi.  Air terjun ini tersembunyi di antara lebatnya pepohonan yang menyelimuti kawasan ini.  Airnya yang mengalir ke Sungai Tumbura diantara bebatuan kapur di lereng Gunung Lembeonga.

Danau Matano adalah sebuah danau di Sulawesi Selatan, tepatnya berada di ujung selatan pulau Sulawesi di kota SorowakoKabupaten Luwu Timur. Danau ini memiliki kedalaman sejauh 600 meter (1.969 kaki), 382 meter di antaranya di atas permukaan laut. Menurut WWF, danau ini adalah danau terdalam di Asia Tenggara serta terdalam kedelapan di dunia. Danau Matano bukan merupakan pembentukan dari beberapa anak sungai, tetapi terbentuk dari ribuan mata air sehingga tidak akan pernah mengalami kekeringan. Airnya sangat jernih. Sebagai sumber daya alam yang sangat potensial maka perusahaan tambang nikel terbesar kedua dunia, PT.INCO dan sekarang berubah nama menjadi PT VALE, memanfaatkan buangan air dari Danau Matano (bukan danau matano tetapi danau TOWUTI) sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA)YANG TEPATNYA TERLETAK DI SUNGAI LARONA, UNTUK SAAT INI SUDAH TIGA (3) UNIT PLTA YANG TERBANGUN DARI ALIRAN SUNGAI LARONA INI, YAITU PLTA LARONA, PLTA BALAMBANO DAN PLTA KAREBE YANG KESEMUANYA untuk pemanfaatan di pabrik, dan juga untuk penggunaan oleh masyarakat (kAB.lUWU TIMUR, KAB.LUWU UTARA, KOTA MADYA PALOPO DAN KAB.LUWU (Sumber Wikipedia)

AIR TERJUN "MATA BUNTU"Gambar 1. air terjun “MATA BUNTU”

Mengapa disebut air terjun “MATA BUNTU”, sabar pemirsa, saya juga belum menemukan jawaban pastinya, kalau di TRANSLATE dari bahasa BUGIS ke INDONESIA “MATA BUNTU”, BUNTU adalah sesuatu yang berakhir pada satu tempat, tidak ada cela atau jalan lainnya, stok sampe disitu saja, tak bisa kemana-mana lagi 🙂 jadi kalau digabungkan, MATA BUNTU adalah aliran air terjun yang hanya mengairi disekitar wilayah tersebut, tidak menyebar kemana-mana. wallahu a’lam, jika ada pendapat dari teman-teman, mohon search yach 🙂

¤ ukhti Atikah ¤(1015)Gambar 2. air terjun “MATA BUNTU” yang saya kutip di bagian bawah

2012-12-07 13.45.31Gambar 3. Danau MATANO pantai IDE

Subhanallah, sungguh nikmat yang Maha Dahsyat atas segala bentuk ciptaan_Nya, puas Saya bermain AIR di “MATA BUNTU”, Saya melanjutkan perjalanan menuju DANAU MATANO yang menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dari air terjun, tak ada rasa lelah yang terasa, nikmat dan kuasa sang Ilahi mengalahkan rasa lelah itu, jika MATA BUNTU letaknya masih jauh dari kota Soroako, naahh, Danau ini berada di tengah kota Soroako, MasyaAllah, Subhanallah, sungguh hal yang tak terkira, sejuk, sunyi, tenang sangat tempat ini, Alhamdulillah kami berkunjung tak ramai tempat waktu itu, yang berada hanya Saya dan tempat saya, hanya kami berdua, jadi bebas ber-Ekspresi semau gueee :), jeprat-jeprit tak jelas, pokok eee….  ma’nyustt… sttt… puas kami bermain di danau, kami makan bakso, ma’nyusstt… :),

¤ ukhti Atikah ¤(1240)

Gambar 4. Danau Matano (Pantai IDE)

2012-12-07 16.28.27Gambar 5. Rehat sejenak di jalan melihat danau yang berwarna hijau

semoga wisata saya kali ini dapat menjadi inspirasi buat teman-teman yang mahu berkunjung kesan, insyaAllah puas dan merasakan indahnya dan dahsyatnya ciptaan Allah SWT, tempatnya sunyi dari keramaian kita merasa tenang, adem di kelilingi beraneka ragam pepohonan.

salam buat sahabat

untukku dan untuk kita semua 🙂

Wassalam

Iklan

39 thoughts on “MELINTASI INDAHNYA DUNIA

  1. …..eits, untung tak lupa tuk ucapkan #assalamu’alaykum…#
    (takut dijitaknya kak neni…)
    masyaallah, indahnya pemandangan kat laman ni….
    dengan bertamasya, kita manfaatkan pulak tuk tadabbur indahnya ciptaan Allah..pastinya tiada sedikitpun celah atopun cacat…
    rindu datangnya bulan Romadlon, shoum plus tadabbur ciptaan Allah, kerana pada bulan itu, t4 wisata pastinya..sepi..tak ramai orang…*cinta yang tak ramai orang.., sampai2 terasa bahwa t4 tu, milik kita je*

    ^lirikkan mata…syapa siy nama penjaga aer terjun juga danau tu, siapa pulak yang jilbab hitam tu…*

    • Assalaamu’alaikum wr.wb, nak Uvi…

      hehehe… kasihan matanya yang dibilang kabur sama Neni.
      Apa mahu tahu siapa itu… nanti Umi buka rahsianya. 😀
      Wah… liat tuh, matanya si Neni udah merah menyala…hehehe

      Umi udah kembali di dunia maya tapi akan hilang semula buat seketika nanti.
      Hmmm… Umi tunggu dong sapaan Uvi di blog Umi. 😉

      Salam hangat dari Umi. 😀

      • Wa alaikum salam umi,
        alhamdulillah, setelah beberapa hari, neni menanti umi, akhirnya datang jua menyapa kami 🙂

        yee… tak lah, mata neni merah, hanya warna pink sj 😉
        iya tuh ummi, mata uvi dah kabur, tak adelah warna hitam disana, apa uvi hanya melihat bayangan sj yach, sana uvi, periksa mata dulu 🙂

        rahasi apa yach, apa umi punya rahasi, kasi tahu neni juga dong, jangn hanya uvi saja … 🙂

        salam hangat jg dr neni ..

  2. wa alaikum salam wr. wb.
    hayooo, masuk sini vi, kakak dah buatin air hangat, hayo minum, tuh ada kue juga (sok baik.com)

    waahh manisnye adikku nich, tak semanis kakaknya, kakaknya lebih manis, 😉

    iyya, sunggu indah, subhanallah, baru kali ini, aku merasa, inilah yang namanya refreshing, menghilangkan segala penat, melupakan segala problem… 🙂
    pergi berdua dan tiba ditempat hanya berdua jua, sungguh, nikmat Allah yang tak dapat dipungkiri, alhamdulillah..

    jilbab hitem, mana tuh, waahhh mata uvi dah rabun yach, berobat sana 😉

    terima kasih telah berkunjung, silahkan habiskan air hangatnya, lalu pulang.. piss uvi

    • Assalaamu’alaikum wr.wb, Neni sayang..

      Hmmm… Umi rasa yang hitam itu bukan hitam lho.
      Umi belum buta warna lagi. 😉
      Hehehe… kenapa tuh merenung jauh ke danau, ada muka seseorang ya di dalamnya.
      Tenangkan hati setenang riak di tasik danau.
      Umi senang kembali menyapa Neni.

      Salam sayang dan rindu selalu. 😀

      • Wa alaikum salam umi,
        iya, tuh warna cokelat bukan hitam,
        uvi salah lihat… piss uvi..

        neni menatap bayangan wajah umi dalam danau tuh, kangen neni pada umi, jadi neni sejukkan mata ni dengan air danau 🙂

        salam sayang dan rindu jg buat umi 😉

  3. iyya, subhanallah..kali ni kakakku baik hati ma adiknya…kerana byasanya…sangatlah baik hati..tapi yang sekarang ni, byasa-byasa aja….tak mahu klo yg Jilbab item..*eee udah dihapus..*aku tanyaken..huhuy, piss kak..

    mana??, tak da air kak, hanya air danau sahaja yang aku dapat lihat..masa’ itu yang harus aku minum?..tak baik la untuk kesihatan…

    siplah, yang dinamai refreshing tu..mesti d t4 yang indah sejuk, n tak da orang lain yang boleh ganggu ketenangan kita…

    mana ummi kita kak?..tak da silaturahmi ke laman ni…

    *dah aku invite at Yahoo Mess…*

    • yee… mata uvi dan butuh liat jilbab hitam tuh yach 🙂 piss, hayooo liat apa, mmhh.. seremlah uvi liat yng ngak ada, ikkhh takuuuttt
      tuuhh bnyk pula air yang kakak hidangkan, pilih mana suka sahaja khan, ngk usah sungkan-sungkan pada kakakmu nich, kakak tak lihat ko’, minum saja 🙂

      ssiiipppp, tak ramai nan sejuk, itulah yang sulit ditemukan tempat refreshing jika di kota besar, Alhamdulillah ketenangan dari sana kakak peroleh,

      ummii, tak tahu, pergi pasar tak muncul pula, uvi dah capek nunggu kue, airnya dah berubah jadi dingin, minum air saja dulu yach, sabar menanti ummi yang belum balik 🙂

      • Sudaaah, Umi sudah balik.
        Ini sedang membaca dan sudah mencoret membalas semua sapaan anak-anak Umi yang baik-baik ini.

        Selepas ini, Umi akan tinggalkan ananda berdua semula untuk melanjutkan pengembaraan yang masih belum selesai. 😀

        Salam manis dan senyum mesra dari Umi. 😀

        • duuhhh uvi, jangan nangis lagi, umi dah balik tuh, tuh kue banyak, hayoo makan saja, tak ada buat kakak tak apa, asala uvi senang tak nangis lgi 🙂

          semoga perjalanan umi menyenangkan
          umi hati2 di jalan yach, sayang umi selalu 🙂

  4. Assalamu’alaikum Wr. Wb…

    Silaturahmi balasan sekalian menikmati pemandangan. Saya suka air terjunnya, rasanya adem, tenteram meski cuma melihat gambarnya saja. Subhanallah…. betapa indah dan dahsyatnya ciptaan Allah Swt.

    Salam kenal kembali dari Banjarnegara, Jawa Tengah.

    • wa alaikum salam wr. wb.
      terimakasih telah berkunjung balik,
      yuppss… air terjunnya memang sejuk dan adem, suasana disanapun tak ramai oleh khalayak jadi kita bebas ber-ekspresi dan dapat dijadikan untuk menenangkan pikiran kala kacau balau 🙂
      waktu itupun hanya saya dan teman, berdua saja ditempat bermain air 🙂

      salam kenalnya diteima pak …

    • iya, ciptaan Allah sungguh tak terkira,
      luar biasa, hanya dengan memandangnya, hati ini sudah menjadi tenang dan tentram, alhamdulillah 🙂

      oke, silahkan saja kesini, tempatnya terbuka untuk umum, masukpun tak harus bayar, 🙂

  5. oh ya terlupa melampirkan coretan tentang tulisan Neni di atas.
    Tempat air terjun dan danaunya sungguh indah dan sejuk mata memandang.
    Umi suka suasana semula jadi kerana mempunyai ketenangan dan mendamaikan.

    Kalau mengederai motor, harus hati-hati. Jangan jatuh lagi atau ditabrak orang.
    Mata hendaklah fokus jika tidak nanti masuk dalam danau…;)

    Apa mahu Umi buka rahsia si empunya foto di atas ya ? hehehe. 😉
    Salam rindu yang jauh dari Umi buat Neni yang solehah. 😀

    • iya umi, subhanallah tempat tuh, menentramkan hati nanda, mana tempatnya sepi dan hanya saya berdua ma teman disana sewaktu itu, sungguh nikmat Allah yang tak terkira. alhamdulillah

      neni, bawa motornya hanya dua jam saja, lepas itu, teman yang bonceng, neni merekam kisah perjalanan balik 🙂

      neni sedang menggunakan motor dibanding mobil, 🙂

      tak bolehlah beri tahu rahasia antara aku ma umi pada uvi, ntar uvi merajuk pada umi.. hahaha

      salam rindu jg buat umi

      • assalamu’alaykum, masyaallah…afwan semuwa, uvi datang terlambat, mana kue udah abis, diabisin kak Neni…aer pun juga udah tak hangat, ah jadi malaslah aku, kunjung ke rumah kak neni ni…^piss..^
        ummi..ummi…uvi bilangi ya, tapi kak Neni tak leh sampai tau ya umm….
        begini ceritanya ummi, pada awal mula tu, hanya poto2 aja yang diposting di bawah topik ini, trus uvi segera komentar, tt picture2 yang ada…nah setelah itu, kakak bilang nak edit picture yang ada, eeee…abis tu..kakak bilang mata uvi yang rabun..huhuhu…*mahukah punya sodara yang bermata rabun tu?…wal ‘iyaadzu billah….*tak mahulah kita ni…*
        so, kakak dah hapus dulu poto itu sebelum ummi kunjung ke laman kakak ni…*piss…ya kak, sekarang dah baikan lagi ko…*

        • Wa Alaikum Salam, dduuhhh…uvi darimana sich, lelah pula umi menanti tuh, mmhhh…. habis main kejar2an ma bebek di sawah yach, kasian, sana mandi dulu didanau biar bersih dari lumpur, kasian umi, jauh2 kesini tp uvinya cumal begitu :), afwan yach dek, kuenya enak sich, kakak tak tahan tuk tdk habiskan, minum air danau saja yach .. hehe

          tak boleh bisik2 lah, ada haditsnya tuh, jika berkumpul bertiga tak boleh yang berdua saling berbisik didekat kawan yang satunya,… hayooo bisik apa pula kalian, kakak nguping dikit yach 🙂

          mmhh…uupppssss…. uvi tak boleh laporlah, tak ada lah jilbab hitam tuh… piss… 😉

  6. Assalaamu’alaikum wr.wb, Neni yang disayang…

    SELAMAT HARI IBU untuk semua ibu-ibu di Indonesia yang meraikan HARI IBU pada hari ini.
    Sebagai menghargai ibu yang dicintai, Umi menghadiahkan 2 AWARD HARI IBU untuk dijadikan kenangan dari Malaysia.

    Silakan kutip award-award tersebut di sini:

    http://webctfatimah.wordpress.com/2012/12/22/ct143-22-disember-2012-selamat-hari-ibu-untuk-sahabatku-ibu-ibu-di-indonesia/

    Salam sayang dari Umi selalu untuk Neni yang Umi cintai.
    Selalu ada rindu buat Neni (juga Uvi …hehe) . 😀 😀

    • Wa Alaikum Salam wr. wb.

      syukran tuk sekian kalinya buat umi yach 🙂
      awards sudah neni lihat dan sudah neni terima,

      sungguh umi tak pernah melupakan moment terindah pada diri seseorang dan selalu memberi hadiah sebagai bentuk cinta dan sayang umi..

      syukran umi 🙂 😉

      salam rindu dan sayang jg buat umi
      miss u 😉

  7. Yang sangat menakjubkan dari Indonesia, alamnya tak pernah kekurangan untuk dieksplorasi ya Mbak. Aku pertama kali mendengar Air terjun Matabuntu maupun Danau Matano ini..Terima kasih telah sharing 🙂

    • iya EVi, baru tahun ini juga kaka mengenal yang namanya MATA BUNTU, kalau Danau matano dah lama tahu tp, baru tahun ini ada kesempatan untuk melihatnya secara langsung, alhamdulillah, dan masih bnyk lagi daerah wisata lainnya yang kurang ter-espos oleh media, tempat hanya penduduk sekitar yang sering dtng berkunjung, tempatnya asyik buat kita yang sedang pening oleh dunia.. 🙂

      terima kasih telah berkunjung yach…

Tanpa Sapa dan Salam darimu kurang bermakna

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s