SENDIRI…….. ASYIK JUGA


>

Malam ini tepat malam ke 18 Romadhon, malam selepas perayaan hari kemerdekaan Indonesia, seperti yang lainnya dimalam ini mereka berkumpul dan bergembira merayakan hari kemerdekaan bangsa tapi saya tidaklah berada seperti mereka.

Dalam hati kecil, saya lebih menyenangi bersendiri daripada harus berkumpul ria bersama teman-teman yang lainnya, itulah salah satu sifat yang tak pernah saya hapus dari kehidupanku, kesendirian itu dapat menenangkan hati dan menyegarkan pikiranku.

Tepat dimalam ke 18 Romadhon ini, tuk sekian kalinya saya merasakan yang namanya seorang diri tak ada teman, hanya berteman dengan nyamuk yang tak ingin menjauh dariku meski obat pengusir nyamuk telah kusiapkan ia masih saja tetap setia mengganggu diriku dalam menekan keyboard yang ada dihadapanku serta menghisap darahku tanpa kuizinkan, aahhh….nyamuk-nyamuk ini nakal juga yach, semoga saja darah yang ia hisap dariku memberi manfaat buat mereka, (hehe), ada juga makhluk halus yang setia menemani meski tak kasat oleh mataku (teringat canda ummi Fatimah saat ia berkata : neni tak akan pernah sendiri ada Hantu yang menemani, mmhh…ummi bisa saja… πŸ™‚ ), dan tak kalah pentingnya, jelas dan sudah pasti Allah beserta malaikatnya juga berada disisiku, hanya Allah SWT pelipur segala laraku… Saat mengetahui bahwa malam ini saya akan sendiri, hati merasa was-was dan khawatir, saya akan merasakan yang namanya kesepian dan tak ada teman dan kawan karena adik-adikku sudah beranjak menuju kampung halaman, ada rasa sedih dalam hati.

Namun, kekhawatiran itu, alhamdulillah beranjak pergi dan tak membekas dihati, yang kurasakan hanyalah rasa damai dan tentram, saya mampu berpikir tuk merangkai kata demi kata, menyusun kalimat demi kalimat, merapikan paragraf demi paragraf.

Sendiri………mungkin sebagian orang tak sanggup menjalaninya, sekian banyak status disitus jaringan sosial, saya sering membaca keluh kesah teman-teman yang mengalaminya, kadang ada yang memasang status…” aduh sunyi, sendiri lagi sendiri lagi” dan masih banyak contoh kalimat semacam itu.

Sejak dahulu saya lebih menyukai seorang diri, karena seringnya menyendiri banyak orang tak mengenalku dan tak mengetahui bahwa saya adalah anak dari Daeng Malinrang (sebutan Bapak), pernah sekali saya kerumah paman tuk belanja keperluan rumah, waktu itu saya telah beranjak menjadi anak sekolah tingkat pertama, paman berkata, kamu anaknya daeng (sebutan bapak didesa saya), saya hanya mampu tersenyum melihat kejadian tersebut.

Buatku sendiri itu suatu kenikmatan, kenikmatan yang sulit ditemukan, mengapa saya berkata sulit ditemukan ?, karena banyak orang tak mampu menjadikannya suatu kenikmatan, dengan seorang diri kita mampu menjernihkan pikiran, kita mampu khusyu’ dalam mengerjakan sesuatu tak ada yang mengganggu, kecuali nyamuk yang tak mahu kalah aktifnya dengan diri kita (banyak nyamuk yang suka membisikkan nyanyiannya ditelinga, jadi tak tenang deh…..) πŸ™‚

Rencana sudah tersusun rapi selama saya seorang diri, dengan bebas saya akan bersilaturahmi kerumah paman dan tante, berkeliling kota Makassar, khusyu’ dalam beribadah, merangkai kalimat yang menunpuk dalam pikiran, bersilaturahmi kerumah teman-teman (insyaAllah ), rencana sudah tersusun rapi, tak boleh ada keluh kesah dalam hati saat kita seorang diri, gunakan waktu dengan sebaik-baiknya.

Dengan hati yang tenang ini, rasanya tak ingin ada orang lain yang mengganggu, rasanya ingin hal ini begini saja tuk selamanya, memikirkan tuk menikahpun terlupakan πŸ˜‰ …., memikirkan mencari jodoh sebagai teman hidup juga terlupakan, ..  πŸ˜‰ .. tapi hal ini tidaklah baik buat kehidupan selanjutnya, saya menyadari itu, hidup tanpa mengalami aneka ragam kehidupan tidaklah bermakna.

Iklan

22 thoughts on “SENDIRI…….. ASYIK JUGA

  1. Kesendirian dalam dekapan kebaikan itu mungkin lebih baik. Kesendirian juga pernah di artikan oleh SA”ADATUL ABADIYAH sebagai pemakna hidup yang haqiqi. Mungkin kesendirian juga tak kan selamanya. tapi pada ujungnya tetaplah sendiri,.

    • iya, kesendirian itu begitu nikmat, jika Allah senantiasa menghiasi kesendirian kita πŸ™‚
      kesendirian tak akan selamanya dan akan berujung dengan kesendirian lagi yaitu saat kematian telah menghampiri kita πŸ™‚

      terimkasih telah berkunjung
      salam kenal
      salam silaturahmi πŸ™‚

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, Neni sayang…

    Hmmm… membaca curhat anak Umi di atas sepertinya sebagai satu pelatihan buat kesunyian yang abadi di alam barzakh nanti. Tapi meriah dengan amalnya dalam cahaya terang dan membahagiakan. Aamiin, ya Nen.

    Umi juga senang bersunyi-sunyi ini. Tidak suka kepada kekecohan acara dunia yang melekakan dan kurang menyenangi keramaian tamasya yang melalaikan. Mari kita bersahabat dengan Tuhan dalam kesunyian malam tika orang sedang tidur nyenyak dilamun mimpinya.

    Sunyi itu indah sekali, Neni. Bagi Umi ia satu nikmat yang tidak ada masa kebisingan yang membingitkan hati dan jiwa. Sunyi memberi kita privasi yang utuh untuk muhasabah diri terhadap apa yang telah berlaku dalam hidup ini.

    Sunyi memberi inspirasi kepada Umi untuk melakukan aktivitas tanpa diganggu oleh sesiapa seperti memanfaat kesunyian dengan menulis, membaca buku yang bisa menyentuh hati terutama tentang sifat2 Allah, syurga dan neraka juga Rasulullah saw, Hal ini bisa menenangkan dan membuat diri menangis dalam kedekatan kasih sayang-Nya.

    Masya Allah.. sunyi juga bisa menakutkan… ada hantu yang hanya bayangan minda kita.. hehehe. Bisa aja Neni ingat tentang bicara Umi di atas. Kok takut hantu ya sedangkan dia juga makhluk Allah yang asalnya takutkan manusia. Sudah terbalik. Yang harus kita takut hanya Allah sahaja.

    Alhamdulillah, bisa mencoret jadi yang kedua pun, sudah melegakan dalam kesibukan ini. Hehehe… untuk anak Umi, pasti akan dilunasi segera kehadiran ini. Biar tidak lagi menunggu dalam kerinduan yang panjang seperti yang lalu. maaf ya. πŸ˜€

    Salam sayang dan rindu selalu dari Umi. πŸ˜€

    • wa alaikum salam wr. wb. umiku yang neni sayangi dan neni rindui

      iya umi, neni rasanya sedih jika sendiri tak ada teman,
      tapi Alhamdulillah sedih itu hilang dengan kehadiran Allah disetiap langkah neni, kehadiran umi lewat dunia maya, kehadiran keluarga lewat telpon, kehadiran teman-teman telpon, kadang kekhwatiran itu tak sesuai dengn yang kita pikirkan πŸ™‚

      kesunyian dan kesendirian dapat digunakan sebagai wadah dalam menyelesaikan tugas dengan tenang dan baik, dalam semalam neni dapat menorehkan dua tulisan sekaligus, πŸ™‚

      malu rasanya jadi anak umi, jika tak rajin menulis, πŸ™‚

      umi telah bersusah bercakap kata yang begitu banyak kepada ananda. lalu jika ananda abaikan, sungguh dosa rasanya ananda tak mendengar kata umi 😦

      sekali lagi neni meminta maaf kepada umiku,

      tanpa teguran dari umi, neni tak mampu membalas beberapa sapaan dari teman-teman blog, mungkin mereka merasa neni tak menyambut kedatangannya, padahal neni menyenangi merea datang berbondong-bodong dilaman neni ini πŸ™‚

      salam sayng dan salam rindu buat umi πŸ™‚ πŸ˜‰

      seperti yng umi katakan selalu pada ananda, setiap bulir kata mutiara dari ucapan umi, membahagiakan hati ananda πŸ˜‰ (umi fatimah gitu loh πŸ˜‰ )

      • Wah… senang banget hati Umi membaca olesan kata yang menyejuk hati dari anak solehah Umi ini. Hehehe… jadi anak Umi harus rajin menulis banyak2 lho. Biar maca Uminya juga, rajin.

        Alhamdulillah, kesunyian bisa memberi ruang untuk kita berkarya dengan lebih tekun dan berfokus. Liat sahaja Neni, bisa menghasilkan dua tulisan sekali gus. Bukankah itu kelebihan dalam bersunyi-sunyi.

        Umi bersyukur serta gembira kerana anak Umi mendengar nasihat dan bicara Umi dengan hati yang terbuka. Semoga dilandasi Allah dengan kecerdikan dan kecerdasan.

        Senang kalau bisa membalas komen setelah kotaknya ditambah… hehehe.
        Sayang dan rindu kembali dari Umi. πŸ˜€ πŸ˜€

        • πŸ™‚ neni tak bisa menahan rasa haru
          dengan penuh senyuman, andai neni hanya sendiri sj diruang ini, mungkin dah senyum dan ketawa secara berlebihan, yang diakibatkan diskusi antara umi dan neni πŸ™‚ , banyak hal yang dapat menghadirkan senyuman πŸ™‚

          iya umi, neni kasihan, umi sudah capek menemani neni setiap hari, jika neni tak mendengar ucapan umi, sungguh dosa anakmu ini.

          ada begitu banyak ide dalam otak neni, namun sulit dituangkan
          berkat nasehat umi, neni bersemangat dalam menulis dan mengukirnya πŸ™‚

          salam rindu juga buat umi πŸ™‚
          neni dan umi bagai sepasang kekasih yang tak dpt dipisahkan sj πŸ™‚
          bagimana yach pendapt orng-orang tentang kemesraan kita, jika mereka mengetahuinya πŸ™‚

    • iya, ada saat kita sangat membutuhkan kesendirian, keramaian, semua akan silih berganti, tugas kita adalah mensyukuri semua hal tersebut dan menyambutnya dengan hati yang lapang………….

      itulah hidup…
      nikmati hidup dengan kesyukuran, πŸ™‚

      terimakasih telah setia berkunjung dilaman ana

      πŸ™‚

  3. ada kenikmatan didalam dunia kesendirian namun ada semangat yg membakar motifasi diidalam dunia keramaian, kesendirian dan keramaian bak matahari dan rembulan, keduanya mesti ada dalam kehidupan, salam kenal dari blogger pemula…

    • dunia kesendirian adalah proses tuk merenungi saat2 kita dalam keramaian,
      memikirkan segala hal yang telah diperbuat πŸ™‚

      keramaian dan kesendirian adalah teman sejati πŸ™‚

      terima kasih telah berkunjung ke laman ana,

      salam persahabatan dudunia blogger
      jangn malu-malu berkunjung lagi yach
      πŸ™‚ πŸ™‚

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb Neni sayang …

    Alhamdulillah, kedatangan Syawal setelah berakhirnya Ramadhan bentar lagi menjadi saksi kepada ibadah yang kita jalani. semoga keberkatan dan rahmat Allah akan mengiringi setiap langkah ke depan dalam kehidupan.

    Hadir ini, ingin Umi mengucapkan Minal aidin wal fa’izin buat Neni yang selalu berbagi kebaikan di dunia maya. Umi rasa sangat bahagia dan gembira bisa mengenali Neni. Semoga diberi kesihatan dan kebahagiaan di hari yang mulia ini.

    SELAMAT HARI RAYA AIDIL FITRI
    MAAF ZAHIR DAN BATHIN

    Salam sayang dan rindu berpanjangan dari Umi buat Neni.
    Salam Ramadhan yang mulia dari Sarikei, Sarawak. πŸ˜€

    • Wa alaikum Salam ummiku sayang,

      sudi kiranya ummi menerima ucapakn terimakasih dari ananda, tak bisa ananda ukir betapa bahagia dan senangnya hati ananda jua berjumpa dengan ummi, meski hanya didunia maya (ummikan bilang kita bisa akrab karena dialam roh, kita pernah bersua πŸ™‚ ),

      ucapan idul fitri ummi, ananda sambut dengan senang hati yang tak terkira, semoga neni dan ummi masih diberi kesempatan pada Allah SWT tuk bersua diRomadhon berikutnya (amin ya Allah )

      salam sayang ummi panjangnya sampe dimana yach πŸ™‚

      neni tak bisa menjangkaunya.
      salam sayang dan rindu juga selalu buat ummiku sayng πŸ™‚ πŸ˜‰

    • πŸ™‚ setiap manusia memiliki fitrah yang berbeda, seperti akhmad fauzi yang tak menyukai kesendirian, kalau ana lebih banyak sukanya sendiri dari pada ramai πŸ™‚
      mungkin sudah terbiasa πŸ™‚

      terimakasi telah berkunjung lagi…..
      πŸ™‚

  5. sendiri memang diperlukan di beberapa keadaan
    tapi bersama jauh lebih menyenangkan..
    karena berjamaah lebih utama πŸ™‚

    semoga yang terlupakan bisa diraih, aamiin πŸ˜€

    • πŸ™‚
      iya, ada saat kita sangat ingin sndiri dan hanya bersama Allah dan ada saat kita ingin berkumpul bersama, itulah sirkulasi kehidupan,
      berkumpul bersama keluarga, sahabat dan majelis ilmu adalah perkumpulan sangat berharga dan membahagiakan πŸ™‚

      yang terlupakan , semoga secepatnya dipertemukan πŸ™‚

Tanpa Sapa dan Salam darimu kurang bermakna

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s