AKHLAK ROSULULLAH SAW



Saat membaca ”SIRAH NABAWIYAH” oleh syaikh Shafiyyurrohman Al-Mubarakfury, pada bab terakhir saya mendapatkan bab tentang ”AKHLAK ROSULULLAH SAW”, hati saya sangat tersentuh pada pembahasan bab tersebut karena saya ingin mengetahui bagaimana akhlak Rosulullah SAW sehingga beliau begitu mulia dan dicintai oleh para keluarga, sahabat serta masyarakat disekitarnya.

Setelah sekian lama buku ini bersemayam dirumah barulah beberapa saat lalu saya tertarik untuk membacanya dan mengetahui apa isinya, Subhanallah, begitu banyak pengetahuan tentang sejarah perjuangan Nabi SAW beserta para sahabatnya.

Namun, kali ini saya akan mengutip bab terakhir dari buku tersebut, semoga apa yang saya paparkan dapat bermanfaat buat kita semua, Amin.. sifat-sifat beliau dirangkum dari beberapa pendapat keluarga dan sahabat-sahabatnya, dengan jelas pengarang memaparkan sifat-sifat beliau.

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam lain daripada yang lain karena kefasikan bicaranya, kejelasan ucapannya yang selalu disampaikan pada kesempatan yang paling tepat dan ditempat yang tidak sulit diketahui, lancar, jernih kata-katanya, jelas pengucapan dan maknanya, mengkhususkan pada penekanan-penekanan hukum, mengetahui logat-logat bahasa arab, berbicara dengan setiap kabilah arab menurut logat-logat masing-masing, berdialog dengan mereka menurut bahasa masing-masing, ada kekuatan pola bahasa badui yang cadas berhimpun pada dirinya, begitu pula kerjernihan dan kejelasan cara bicara orang yang sudah beradab, berkat kekuatan yang datang dari Ilahi dan dilantarkan lewat wahyu.

Beliau adalah orang yang lembut, Murah hati, mampu menguasai diri, suka memaafkan saat memegang kekuasaaan dan sabar saat ditekan, ini semua merupakan sifat-sifat yang diajarkan Allah SWT. Orang yang murah hati bisa saja tergelincir dan terperosok, tapi sekian banyak gangguan yang tertuju kepada Beliau justru menambah kesabaran beliau. Tingkah pola orang-orang bodoh yang berlebih-lebihan justru menambah kemurahan hati beliau.

Aisyah berkata : jika Rosulullah Shallahu Alaihi Wa sallam memilih diantara dua perkaran, tentu beliau memilih yang paling mudah diantara keduanya, selagi itu bukan suatu dosa. Jika suatu dosa, maka beliau adalah orang yang paling menjauh darinya. Beliau tidak membalas untuk dirinya sendiri kecuali jika ada pelanggaran kehormatan Allah SWT, lalu dia membalas karena Allah SWT. Beliau adalah orang yang paling tidak mudah marah dan paling cepat Ridho.

Diantara sifat kemurahan hati dan kedermawaan beliau yang sulit digambarkan, bahwa beliau memberikan apapun dan tidak takut menjadi miskin.

Ibnu Abbas berkata, ”Nabi SAW adalah orang yang paling murah hati, kemurahan hati beliau menonjol ialah pada bulan Romadhon , saat dihampiri Jibril. Jibril menghampiri beliau setiap malam Romadhon untuk mengajarkan Al-Qur’an kepada beliau. Beliau benar-benar orang yang paling murah hati untuk hal-hal yang baik daripada angin yang berhembus.

Jabir berkata : ”tidak pernah beliau diminta sesuatu, lalu menjawab TIDAK”.

Rosulullah SAW, memiliki keberanian, patriotisme dan kekuatan yang sulit diukur dan tidak terlalu sulit untuk diketahui dimana keberadaaannya. Beliau adalah orang yang paling pemberani mendatangi tempat-tempat yang sulit, berapa banyak para pemberani dan patriot justru lari dari hadapan beliau. Beliau adalah orang yang tegar dan tidak bisa diusik, terus maju dan tidak mundur serta tidak gentar, siapapun orang pemberani akan lari menghindari dari hadapan beliau.

Ali berkata : ”jika kami sedang dikepung ketakutan dan bahaya, maka kami berlindung kepada Rosulullah SAW, tak seorangpun yang lebih dekat jaraknya dengan musuh selain beliau”.

Anas berkata : ”suatu malam penduduk Madinah dikejutkan oleh sebuah suara, lalu orang-orang keluar kesumber suara tersebut, mereka bertemu Rosulullah SAW yang sudah kembali dari sumber suara tersebut. Beliau lebih dahulu datang kesana daripada mereka, saat itu beliau menunggang kuda milik Abu Thalhah dan dileher beliau ada pedang.

Beliau bersabda :”Kalian tidak usah gentar, kalian tidak usah gentar”.

Nabi SAW adalah orang yang paling malu dan suka menundukkan mata. Abu Said Al-Khudry berkata : ”beliau adalah orang yang lebih pemalu daripada gadis ditempat pingitan, jika tidak menyukai sesuatu, maka bisa diketahui dari raut mukanya”.

Beliau tidak pernah lama memandang kewajah seseorang, menundukkan pandangan, lebih banyak memandang ke arah tanah daripada memandang keliangit, pandangannnya jeli, tidak berbicara langsung dihadapan seseorang yang membuatnya malu, tidak menyebut nama seseorang secara jelas jika beliau mendengar sesuatu yang kurang disenanginya, tetapi bertanya : ”mengapa orang-orang itu berbuat begitu ?” beliau memang pas seperti yang dikatakan

AL-Farazdaq dalam syairnya….

” menunduk karena malu dan menunduk karena enggan berbicara dengan sesuatu kecuali saat tersenyum”.

Nabi SAW adalah orang yang paling adil, paling mampu menahan diri, paling jujur perkataannya dan paling besart amanahnya. Orang yang berdebat dan bahkan musuh beliapun mengakui hal ini, sebelum nubuwah, beliau sudah dijuluki Al-Amin (orang yang terpercaya), sebelum islam datang dan pada masa Jahiliyah beliau juga ditunjuk sebagai pengadil.

At-tirmidzy meriwayatkan dari Ali bahwa Abu Jahal pernah berkata kepada beliau : ”kami tidak mendustakan dirimu, tetapi kami mendustakan apa yang kamu bawa”, karena itu kemudian Allah SWT menurunkan ayat tentang orang-orang yang mendustakan itu.

”Mereka sebenarnya bukan mendustakan kamu, tetapi orang-orang yang zhalim itu mengingkari ayat-ayat Allah SWT”.

(Al-An’Am :33).

33 thoughts on “AKHLAK ROSULULLAH SAW

  1. akhlak Rasulullah patut diteladani dan diikuti oleh semua pengikutnya….

    silatrurahim sambil mau ngucapin >>>>> Dengan datangnya Ramadhan ini akan mengetuk Dinding Jiwa, menambah kebersihan Rohani, kelurusan Aqidah, kelembutan Rasa, kekuatan kata, ketegasan Sikap, ketajaman Mata Hati, semua itu untuk menuju derajat Taqwa….INSYA ALLAH…..
    SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH SHAUM, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN

    Semoga sukses selalu n TETAP SEMANGAT

  2. Subhanallah, contoh dlm segala hal dan bahkan sampai adab buang hajat pun qt mencontoh beliau SAW.. Nice post ^^g hajat pun qt mencontoh beliau SAW.. Nice post ^^

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb, Neni sayang…

    Umi sangat senang membaca semua kisah yang berkisar tentang Rasulullah SAW dan keluarganya. Tidak ada manusia di muka bumi ini yang mampu menandingi keunggulan dan kebaikan akhlak baginda. Justeru kelahiran baginda adalah untuk membina dan mengatur akhlak manusia agar lebih tertib dan bertatasusila.

    Oh ya, Neni.. umi ingin maklumi ada kesilapan kalimat di atas iaitu “kefasikan” bicaranya. Seharusnya “kefasihan” bicaranya. Lain kali jangan panik Neni. Tenang aja menulis dan mengetik huruf.😀

    Membaca sirah Rasulullah saw, selalu menghadirkan gerimis dan tangisan kepada Umi. Sangat dekat sekali rasanya umi dengan baginda sehingga apa yang dikisahkan tentang baginda dapat dirasai semuanya baik rasa duka, bahagia, akhlak dan perjuangan baginda. Semuanya sangat membekas di hati.

    Mudahan kita sebagai umat baginda saw, bisa berakhlak seperti baginda dalam kehidupan ini.

    Salam rindu dari Umi di Sarikei, Sarawak.😀

  4. Buku ”SIRAH NABAWIYAH” oleh syaikh Shafiyyurrohman Al-Mubarakfury termasuk salah satu buku yang suka saya baca. Duh, betapa diri ini ingin…. banget bisa mencotoh akhlak beliau yang mulia, sedikit demi sedikit…. dan yang jelas, semakin rindu di dada….

    • buku ini telah lama dirumah ana, tapi baru bulan-bulan kemarin ada dihati tuk menyentuhnya, sungguh hidayah Allah, telah datang padaku🙂
      buku ini sangat bermanfaat dan memberi berbagai pemahaman tentang Rosul kita tercinta

  5. Membicarakan junjungan kita Rasulullah saw memang tak akan ada habisnya. Beliaulah uswatun hasanah. Teladan terbaik yang pernah ada. Semoga kita diberi kekuatan untuk selalu mencintai beliau. Amiiiin.

    • selamat datang mas unduk,
      syukran telah berkunjung dilaman ana.
      amin, semoga harapan mas unduk termakbulkan…..

      saat mendengar nama beliaupun hati ini rasanya bergetar, ada rasa yang tak sanggup diungkap dengan kata,🙂
      beliau adalah junjungan mulia,, beliau adalah kekasih Allah yang patut dita’ati

      🙂

  6. Assalaamu’alaikum wr.wb, Neni yang Umi sayangi…

    Tiada hari seindah Jumaat
    Tiada kata seindah zikir
    Tiada ibadah seindah solat
    Tiada bulan seindah Ramadhan

    Umi hadir untuk mengucapkan :

    “Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1432H”

    Semoga ibadah kita di terima dan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

    Selalu ada doa dari Umi untuk kesuksesan dan kebahagiaan Neni selama ini sepanjang kehidupan yang dilalui.

    Hargailah setiap detik Ramadhan yang berkunjung dan hayatilah hidangan rohani yang dihamparkan Allah buat kita untuk menghirup kesegaran aromanya yang menyihatkan kita di alam sana kelak.

    Salam manis dan rindu selalu dari Umi di Sarikei, Sarawak.😀

      • Alhamdulillah, anak2 Umi, Uvi dan Neni selalu baik dan indah di hati Umi. Umi sayang kalian berdua.😀

        Kok kotak replynya, udah tamat, Nen. mahu reply di mana lagi ya…hehehe. perbanyakkanlah, biar ada nyambung bicaranya.

        • mengikuti petunjuk umi, akhirnya neni sampe juga ditempat tujuan🙂

          umi juga selalu indah dihati neni dan uvi (etss…sungguh rugi uvi tak hadir membalas coment ini😦 )….

          kotaknya sudah neni rubah umi, atas petunjuk umi., hampir sj neni nyasar tak menemui jalan keluar🙂

          • alhamdulillah, Umi senang dapat nyambung lagi.😀
            mana ya, si Uvi nich. Selalu aja ndak hadir saat-saat diperlukan.

            Umi kangen sama Uvi, sama Neni juga (susah kalau banyak anak.. bimbang cemburu dan merajuk kalau dirindu lebih-lebih…hehe)

    • wa alaikum salam wr. wb.

      jadi malu rasanya ingin membalas coment umi nich,
      sudah bermalam beberapa hari baru neni membalasnya
      begitu jahatnya neni jadi anak umi, semoga Allah tdk mengurangi kesholehan neni … amin.
      jika umi tak menegur, mungkin neni tak akan menorehkan kta ini.🙂
      afwan yach umi🙂 ,

      salam manis selalu juga buat umi😉🙂

    • amin,akhlak beliau adalah yang paling sempurna , akhlak yang patut kita tanamkan dan kita suburkan dibpribadi kita sebagai umatnya,

      salam kenal buat cikal,
      terimakasih telah berkunjung..🙂

    • itulah salah satu akhlak beliau yang sempurna

      “memberikan apa saja dan tak takut miskin”

      karna segala yang ada dibumi dan langit hanya Allah yang memiliki
      jika kita menjadi kekasih Allah, insyaAllah dia akan senantiasa menolong kekasihnya
      seperti halnya manusia yang berkasih sayang,

      salam kenal buat kakaakin
      salam ukhuwah🙂

  7. Ping-balik: CT70. LMGS G2 – ULANG TAHUN PERTAMA 2011 « LAMAN MENULIS GAYA SENDIRI G2

    • ummmmiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii………………………
      maafkan anakmu yang sholeh ini😉

      diberi awards, neni tak menyambutnya dengan baik, padahal neni sangat senang sekali dengan pemberian umi ini, neni kadang tak mampu melukiskan kebahagiaan neni, meski sangat senang dengan pemberian itu, neni selalu merasainya sendiri tanpa berbagi..🙂 (egois yach neni😉 )

  8. suka yang ini: ” menunduk karena malu dan menunduk karena enggan berbicara dengan sesuatu kecuali saat tersenyum”. Akhlak Rasulullah memang luar biasa indah sehingga mampu menjadi kata-kata indah bagi para penyair. Subhanallah

    • iya, pernah kali membacanya, ana uga suka dengan kalimat tersebut, serasa seperti wanita saja yach rosul kita itu, ana sangat menyukai lelaki yang memiliki rasa malu, apalagi saat bertemu dengan wanita..🙂

Tanpa Sapa dan Salam darimu kurang bermakna

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s