DISEBUAH MASJID


Meski tanggal peringatan maulid telah lewat dan sudah sangat lewat dari penetapan tanggal yang ada dikalender, (hehe), tapi tidak menyurutkan keninginan untuk menuliskn sebuah kisah yang saya dapatkan sewaktu melihat sebuah kegiatan maulid yang diadakan disalah satu masjid yang terdapat di kota Makassar, tepat tanggal 18 Maret 2011 bertepatan degan hari jum’at, kebetulan ada kegiatan rutin pekanan bertemu dengan muslimah yang insyaAllah diridhoi Allah (Amin ya Rabb), membahas tentang permasalah agama dan mencari solusi untuk lebih mendekatkan diri pada sang Khalik demi terciptanya ketentraman hati, mengenal sifat-sifat Ilahi dan Rasulullah serta para salafushalih. Alhamdulillah puji syukur ya Allah, Engkau telah memberiku kesempatan untuk bertemu dengan mereka.

Kegiatan tarbiyah berjalan selama kurang lebih 2 jam, dalam sepekan, saya sempatkan untuk menunutut ilmu ad-dien agar terjadi keseimbangan antara kehidupan dunia dan akhirat meskipun untuk menyeimbangkan kedua hala tersebut sangat sulit tapi sebagai makhluk mulia yang tetap optimis tugas kita hanyalah terus berusaha untuk lebih mendekatkan diri pada Ilahi, adapun hasil dari usaha tersebut biarlah Allah yang menentukan karena Dia adalah penentu dari rencana yang telah kita buat.

Seuasai tarbiyah, masjid diramaikan oleh berpuluh-puluh jama’ah yang datang, awalnya saya jadi heran, koq masjid ramai banget, setelah saya liat ternyata ada kegiatan peringatan maulid yang dihadiri beberapa majlis taklim dari beberapa kota yang ada di provinsi sulawesi selatan, karena waktu untuk sholat magrib sudah beberapa menit lagi, maka saya dan teman melaksanakan sholat magrib dimasjid.

Begitu ramainya, sayapun tidak mendapatkan alat sholat cadangan yang telah disediakan dimasjid, sehingga saya menunggu kak Ela selesai berjama’ah, barulah saya menunaikan kewajiban bertemu dengan Allah SWT.

Adzan berkumandang, para jama’ah banyak berdiri dan menunaikan sholat sunnah dua rakaat. Lalu kak Ela berbalik bertanya padaku, mereka sholat apa, lalu kujawab sholat sunnah mungkin kak (walaupun ada beberapa yang berbeda pendapat tentang hal ini), setelah qomat dikumandangkan, maka berdirilah semua para jama’ah kecuali saya dan beberapa jama’ah lainnya yang tidak kebagian perlengkapan sholat. Sholat magrib dilaksanakan secara berjama’ah dengan para ibu-ibu majlis tersebut, dan sayapun hanya melihat-lihat berlangsungnya sholat, dan mata saya tertuju pada satu shaf yang memisahkan diri dengan shaf yang lain, dalam hati saya bertanya, koq mereka memisahkan diri, ada apa!!!!!!!!, sempat terlintas dalam benak, mungkin mereka sedang menjaga konsumsi yang ada didekat mereka atau karena alasan apa saya juga tidak tahu persis, saya tidak tahu alasan yang sebenarnya, takutnya salah tebak yang dapat menimbulkan noda hitam yang menempel dihati, yang terbentuk dari segumpal daging dan begitu lembut. Pertanyaan tentang alasan itu selalu menghampiri.


ya Allah beginikah cara umat_Mu untuk berjumpa dengan_Mu, ini adalah rumah_Mu, begitu tidak sopannya tingkah laku kami bertamu dirumah_Mu. ya Allah tunjukkanlah kami selalu jalan kebenaran_Mu, agar kami tidak tersesat dilubang ketidaktahuan yang dpat menyebabkan kami menjadi manusia bodoh, yang tidak mengetahui tentang segala peraturan dan adab-adab yang telah Engkau tentukan, tuntunlah kami semua agar kami lebih semangat dalam menuntut ilmu ad-dien_Mu, mempelajari kitabullah_Mu dan as-sunnah_Mu yang dapat kami jadikan panutan dalam hidup kami didunia dan diakhirat kelak (Amin ya Rabb).

 

 

 

 

 

Iklan

4 thoughts on “DISEBUAH MASJID

  1. Benar sekali. Di sinilah sesungguhnya penting bagi kita untuk selalu semangat dalam belajar dan belajar. Wah, membaca tulisan ini jadi tambah semangat belajar neh… makasih ya… telah berbagi pengalaman dan renungan melalui blog. Salam semangat selalu.

Tanpa Sapa dan Salam darimu kurang bermakna

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s